News | 新闻

Hwie Tiaw Ka Surabaya Adakan Kelas Memasak Siomay dan Makanan Hakka

Pada hari Minggu (2/12) lalu, tepatnya pada pukul 9 pagi, Perkumpulan Hakka Hwie Tiaw Ka Surabaya mengadakan kelas memasak di lokasi Jl. Jagir Wonokromo Ruko Mangga Dua, Blok A7 No. 5-6. Lokasi ini merupakan kantor utama Hwie Tiaw Ka Surabaya, dengan menu masakan yang diajarkan di kelas ke 9 ini adalah memasak siomay dengan sebagai gurunya adalah Ibu Huang Fenhang dan dibantu oleh Ibu Yu Siwan, Ibu Yu Meilian, dll. Peserta kelas memasak kali ini dari putra putri Hakka adalah Lin Hongyan, Guo Wuqiang, Li Lihui, Fan Jialin, Lisa, Ka Lini, dll. Sedangkan peserta dari bagian Pemberdayaan Wanita Hakka Surabaya ada sekitar 10 orang lain yang ikut menjadi peserta di kegiatan kali ini.

Tepat pukul 9 pagi, Ibu Huang yang menjadi pengajar untuk kelas masak kali ini beserta ibu lain yang membantunya tiba di lokasi kelas dengan membawa beberapa baskom besar yang berisi bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat siomay. Setelah satu persatu peserta kelas berdaatanga, kelas pun dimulai dengan meletakan semua bahan baku siomay di atas meja, seperti daging dan sayur-sayuran. Peserta mulai mencuci daun bawang, wortel, dan sayuran lainnya. Lalu dengan arahan dari Ibu Huang, semua sayuran pun dipotong kecil-kecil dan selanjutnya ditumis dengan menggunakan minyak secukupnya.

Resep siomay kali ini menggunakan 500gr daging, 250gr daging zhutou (dari kepala babi), 250gr daging ikan, 250gr udang, yang semuanya dicincang halus, lalu juga ada telur ayam 4-5 butir, tepung secukupnya dan bumbu seperti garam, minyak ikan, kecap asin, lada, kaldu ayam, dll yang diletakkan sesuai selera. 

Cara membuatnya adalah dengan masukkan semua jenis daging yang sudah dicincang halus ke dalam satu wadah besar, lalu tambahkan bumbu, telur dan wortel, aduk dan campur semuanya hingga merata. Lalu tambahkan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk. Tapi perlu diperhatikan jangan sampai terlalu banyak diaduk.

Lalu ambil kulit pangsit yang sudah dibentuk sedemikian rupa menjadi kulit untuk siomay. Setelah pengukus diisi air dan dipanaskan, masukkan kulit siomay yang sudah diisi adonan ke dalam pengukus dan kukus selama kurang lebih 20 menit, lalu buka penutup kukusan dan hilangkan uap air yang ada di kulit siomay, dan kukus kembali selama 5 menit hingga matang, maka siomay yang sudah matang dan berbau lezat siap untuk disajikan di atas meja.

Siomay yang baru saja matang nikmat disantap dengan saus pedas, dan masakan kali itu benar-benar lezat. Semua eserta kelas menyantap siomay buatan mereka dengan perasaan senang akan hasil masakan yang mereka buat. Satu persatu mencoba dan membuat mereka ingin tambah dan tambah lagi.

Lin Hongyan, salah satu peserta, menambahkan beberapa potongan cabai di dalam siomay buatannya, dan mencicipi siomay hasil karyanya sampai meneteskan airmata dan bercucuran keringat sambil tertawa.

Satu nampan siomay yang masing-masing peserta mebuat 2 siomay hingga terkumpul 3 nampan, tidak sampai 10 menit sudah habis disantap oleh para peserta serta para pengurus yang juga di hari yang sama sedang mengadakan latihan menyanyi di sana. 

Selain menyiapkan siomay kukus, Ibu Huang juga membawa chaomian jiucai, theu nga cho theu fu, cu sat, eng thong, dan makanan khas Hakka lainnya. Juga ada ibu-ibu lainnya yang menyiapkan minuman manis khas Indonesia yaitu kolak dan khas Hakka yaitu sian chao dan juga kue kukus atau hi kio pan.

Seluruh peserta dan panitia mengucapkan terima kasih kepada pak Li Hanxiong selaku ketua Hwie Tiaw Ka Surabaya yang sudah mendukung dana terselenggaranya kelas ini, dan juga Ibu Huang dan pengajar-pengajar yang sudah meluangkan waktu untuk menurunkan pengetahuannya kepada anggota Hakka yang hobi memasak. Semoga kegiatan seperti ini bisa diselenggarakan terus di lain kesempatan.

惠潮嘉会馆顺利举办

第九期烹饪课

 2018年12月2日星期天,上午9时,在JL.JAGIR WONOKROMO RUKO MANGGA DUA BLOK A7 NO 5-6。惠潮嘉会馆活动中心举办第九期烹饪课,烹饪的菜肴是“烧卖”,由黄奋航阿姨指导,余斯婉、余美莲阿姨等协助,参加的年轻组成员有,林泓延、郭武强、李丽惠、范佳琳、莉莎、卡利妮等,也有好多妇女组成员共十多名参与这次的活动。 

当日上午九时,黄奋航阿姨和余美莲阿姨就来到了活动中心并带来满满的几大盆原料,接着学员陆续到来,首先我们把做烧卖的原料放在桌子上,已经处理好的原料有,肉类,大家就动起手来洗大葱、胡萝卜等,然后按照老师的吩咐把胡萝卜切小丁,切好的胡萝卜和大葱用油炒熟待用,烧卖的原料有,里脊肉500克、猪头肉250克,鱼肉、虾肉各250克,分别剁碎,鸡蛋4~5粒、薯粉适量、盐、鱼露、酱油王和胡椒粉、鸡精等。 做法:把4种剁好的肉碎放进大盘里,加调味料和鸡蛋、胡萝卜丁一起搅拌均匀,然后加入适量薯粉,再搅拌均匀,注意不必过度搅拌。然后用饺子皮包成烧卖的样子。待蒸笼的水开后,将包好的烧卖上蒸笼大火蒸20分钟左右,开锅盖,在烧卖皮上撒点水,再蒸5分钟即熟,关火后等5分钟揭锅盖,一锅香喷喷的烧卖就可以上桌了。刚上桌热腾腾的烧卖沾点辣椒酱一起吃,非常美味,学员们吃得乐开了花,一个接一个,吃了想再吃,吃到自己亲手做的,特别高兴。林泓延自己做的烧卖加了辣椒在里面,吃得满头大汗还嬉笑眼开,尽说过瘾!

第一锅的烧卖不到十分钟就被大家吃光了,学员们接下来还做了两份,一共蒸了三大锅,当日很多练歌的会员一起享用美食,除了热腾腾的烧卖,还有黄奋航阿姨的拿手客家韭菜炒面、余斯婉阿姨的卤猪脷、豆芽炒豆腐、和余美莲阿姨的鱼丸汤等。还有甜品,印尼风味的歌乐和客家仙人粄。这些都是她们热心赞助的,我代表大家谢谢您们,还要谢谢李汉雄主席为这次烹饪赞助材料费。特别感谢黄奋航阿姨,余美莲阿姨和余斯婉阿姨,谢谢您们热心帮忙和赞助。让这次的烹饪课圆满完成。 圆桌上还有好多小吃,有春卷、煎薯棍和客家发粄等等。会员们在一起度过了愉快的一天。 期待下次再见!您想学做什么菜,告诉我吧! 

惠潮嘉会馆文教部

 朱玉萍

Write a comment

Ikuti Perkembangan PHIS!

Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan semua berita terbaru dari Hakka Indonesia langsung ke email anda.

Tentang Kami

Hakkaindonesia.or.id adalah laman web milik Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera sebagai sarana komunikasi bagi seluruh cabang Hakka Indonesia yang tersebar di 34 provinsi yang ada di Indonesia. Selain berisi informasi mengenai Perhimpunan Hakka Indonesia Sejahtera, laman web ini juga memberikan berita terkini dari seluruh cabang Hakka di Indonesia, serta pengetahuan mengenai budaya, nilai-nilai dan semangat Hakka yang berguna untuk dipelajari.
Ubah Bahasa